Kedutaan Besar Jepang di Manila Minta Copot Patung 'Gadis Korea' yang Ada di Filipina

ANIMENYUS.COM - Patung seorang wanita muda yang duduk dengan tangan di pangkuannya telah dicopot menyusul protes dari Kedutaan Besar Jepang ...

Kedutaan Besar Jepang di Manila Minta Copot Patung 'Gadis Korea' yang Ada di Filipina

ANIMENYUS.COM - Patung seorang wanita muda yang duduk dengan tangan di pangkuannya telah dicopot menyusul protes dari Kedutaan Besar Jepang di Manila, yang menganggapnya sebagai peringatan untuk menghibur wanita, para budak seks yang dipaksa untuk melayani invasi Jepang dalam Perang Dunia II.

Patung itu menimbulkan kontroversi yang mendorong MalacaƱang mengeluarkan pernyataan dalam pembelaannya, di tengah kecaman terhadap pemerintah Jepang oleh sekelompok mantan wanita penghibur dan pendukung mereka karena menuntut agar orang Filipina melupakan kejahatan perang Jepang.

"Subjek patung dari masalah saat ini ditugaskan dengan menggunakan dana pribadi dan dibangun di dalam properti pribadi," kata juru bicara kepresidenan Salvador Panelo dalam sebuah pernyataan pada Senin malam.

"Karena itu, ini merupakan bagian dari kebebasan berekspresi dan pemerintah tidak bisa begitu saja membatasi atau menahan pelaksanaan hak tersebut tanpa tujuan yang dapat dipertahankan - hak tersebut di atas dilindungi oleh Konstitusi kami," tambahnya.

Upacara yang tenang

Patung perunggu setinggi 1 meter itu diresmikan dalam upacara kecil dan tenang pada 28 Desember di pintu masuk Mary Mother of Mercy, di Barangay San Antonio, San Pedro, Laguna.

Seorang biarawati, yang meminta anonimitas karena kurangnya wewenang untuk berbicara kepada media, mengatakan kepada Inquirer bahwa tempat penampungan telah dijalankan selama lebih dari dua dekade oleh Suster-suster St. Francis Xavier, tetapi dimiliki oleh seorang filantropis perempuan Filipina dari kota ini.

Dia menolak untuk mengidentifikasi dia.

Sekelompok kecil orang Korea dan beberapa orang Filipina menghadiri upacara pembukaan.

Di antara mereka yang hadir adalah walikota Gwacheon City, menurut salinan undangan untuk program tersebut, kata suster itu.

"Kemudian media [asing] mulai berdatangan, menanyakan semua pertanyaan ini. Ada juga beberapa orang dari media MalacaƱang dan Kedutaan Besar Jepang," kata suster itu.

Patung itu adalah seorang wanita muda berambut pendek yang duduk di kursi dengan tangan di pangkuannya.

Ada seekor burung yang bertengger di bahu kirinya dan kursi perunggu kosong di sebelah kanannya.

"Misterius"

"Menurut beberapa orang Filipina [yang hadir saat pembukaan], itu adalah seorang gadis Korea berusia 19 tahun yang dilecehkan selama perang. Kursi yang kosong, hanya untuk orang-orang yang ingin berfoto [dengan patung itu] ]," dia berkata.

"Itu misterius. Kami juga bertanya-tanya tentang itu semua," kata biarawati itu.

Pada 30 Desember, sekelompok pekerja kembali dan memindahkan seluruh patung, hanya menyisakan platform beton yang kosong.

Sebelumnya pada hari itu, Kedutaan Besar Jepang mengeluarkan pernyataan yang menyatakan kekecewaan atas patung itu, menurut Daily Manila Shimbun.

"Kami percaya bahwa pendirian patung wanita penghibur di negara-negara lain, termasuk kasus ini, sangat mengecewakan, tidak sesuai dengan pemerintah Jepang," Manila Shimbun mengutip pernyataan kedutaan tersebut.

Pemberdayaan perempuan

Manila Shimbun mengutip tulisan di samping patung itu, yang mengatakan itu adalah "monumen perdamaian dan pemberdayaan wanita".

Patung serupa, yang ditafsirkan oleh berbagai kelompok sebagai kenangan tentang wanita penghibur masa perang, didirikan di depan Kedutaan Besar Jepang di Seoul beberapa tahun yang lalu, menurut surat kabar itu.

"Itu tidak tampak seperti [patung seorang wanita penghibur bagi saya. Itu berbeda dari yang mereka bangun di Roxas [Boulevard] dengan penutup mata," kata biarawati itu.

Lila Pilipina, sekelompok mantan wanita penghibur dan advokat, pada Selasa menyerang pemerintah Jepang.

"Hari ini, ia menuntut agar kami benar-benar melupakan kejahatan perang dan tuntutannya juga agar kami tetap diam ketika membangun kembali dirinya secara militer sebagai mitra junior ekspansionisme AS di kawasan Asia-Pasifik," kata kelompok itu.

Baca Juga: Sugoii, One Piece Live Action Menggunakan Rusa Betulan yang Jadi Chopper!

Sumber: AsiaOne

COMMENTS

Name

5 Anime Games,5,5 DEGENERATE WEEB GAMES,5,5 FIGHTING GAMES,5,5 Role Playing Games,5,Adobe Photoshop,3,Anime,139,Anime - Manga,20,Anime Wallpapers,21,Announcement,1,Atelier,5,BlazBlue,4,Culture,47,Daily Images,12,Digital Tutorials,10,Dragon Ball,6,Fate,2,Featured,10,Featured Anime Games,4,Featured Anime-Esque Games,7,Featured Posts,7,Game,21,Games,3,Guilty Gear,6,Hi-Speed Drawing Tutorial,5,How To Draw,25,How to Draw Manga,40,HowTo,25,HowToStep,25,Hyper News,19,Hyperdimension Neptunia,10,Leisure,11,Manga,65,Manga Studio,2,Mangacouncil.com,368,Naruto Shippuden,8,News,248,One Piece,5,Recent Updates,21,Recent Uploads,3,Saint Seiya,1,Save Game,253,Save Game Completed,216,Senran Kagura,7,Showbiz,44,Software,8,Sword Art Online,6,Theme,2,Tutorial,8,Videos,6,Wallpapers,26,windows,1,
ltr
item
Drawing Manga Tutorial - Manga Council: Kedutaan Besar Jepang di Manila Minta Copot Patung 'Gadis Korea' yang Ada di Filipina
Kedutaan Besar Jepang di Manila Minta Copot Patung 'Gadis Korea' yang Ada di Filipina
https://1.bp.blogspot.com/-ws1IOH2ekhw/XDlRQzjZJ4I/AAAAAAAAFuY/AHjixxJdNFw3ddvec5fO1YuQaIh-qEigACLcBGAs/s640/1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ws1IOH2ekhw/XDlRQzjZJ4I/AAAAAAAAFuY/AHjixxJdNFw3ddvec5fO1YuQaIh-qEigACLcBGAs/s72-c/1.jpg
Drawing Manga Tutorial - Manga Council
https://www.mangacouncil.com/2023/01/kedutaan-besar-jepang-di-manila-minta.html
https://www.mangacouncil.com/
https://www.mangacouncil.com/
https://www.mangacouncil.com/2023/01/kedutaan-besar-jepang-di-manila-minta.html
true
7524684132614291577
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy